jump to navigation

KALSIUM, tidak hanya untuk Tulang dan Gigi 5 March 2009

Posted by dr. Nasir in Calcium / Nutrisi Penyeimbang.
Tags: , ,
trackback

Di benak kita sendiri, apa yang terbayang begitu mendengar kata kalsium?
Tulang dan gigi yang sehat! Jawaban yang tepat, tapi belum sepenuhnya benar, karena ternyata kalsium memiliki fungsi dan manfaat yang begitu menyeluruh dalam kehidupan manusia.

Adanya hubungan antara kalsium dengan keseluruhan aktivitas hidup manusia dan gangguan yang mungkin terjadi bila kekurangan zat ini, merupakan temuan spektakuler di bidang riset produk kesehatan dua puluh lima tahun terakhir ini. Ion kalsium ternyata memainkan peran penting, bahkan sejak awal kehidupan manusia.

Ragam fungsi kalsium, antara lain :

1. Fertilisasi / Kesuburan

Di mata awam, asal satu sel sperma berhasil membuahi satu sel telur, maka janinpun terbentuk. Namun, ternyata proses sesung-guhnya tidaklah sesederhana itu, diperlukan kalsium yang memadai agar kelahiran sosok kehidupan baru, dapat terjadi.
Berbagai riset medis telah membuktikan bahwa ion kalsium memainkan peranan penting di sperma pria. Para ilmuwan kesehatan menemukan bahwa di ujung sperma terdapat komponen kalsium yang berfungsi membelah dan menembus dinding sel telur agar terjadi pembuahan. Oleh karena itu, terapi kalsium sekarang menjadi salah satu terapi penting untuk pasangan yang telah lama belum memiliki keturunan.

2. Pembentukan Tulang dan Gigi yang Sehat

Peran penting kalsium terus berlanjut. Begitu bayi lahir hingga usia enam tahun adalah usia rawan terhadap kebutuhan kalsium, yang merupakan komponen utama dari pembentukan gigi sehat dan kuat.
Periode rawan kebutuhan kalsium berikutnya, terjadi sampai usia delapan belas tahun, yang menjadi periode kesempatan terakhir untuk mengatasi defisiensi (kekurangan) kalsium berkaitan dengan pertumbuhan tulang, karena begitu periode ini terlampaui, maka berbagai masalah sekitar tulang sudah dapat diramalkan pasti terjadi di usia lanjut mereka. Tulang sendiri mengalami puncak proses pemadatannya sampai seseorang berusia tiga puluh lima tahun. Lewat dari usia tiga puluh lima tahun, massa tulang secara perlahan mulai berkurang.
Kalsium dalam bentuknya sebagai garam kalsium berfungsi sebagai pengeras tulang agar kerangka tubuh mampu menyokong keseluruhan badan berdiri tegak. Bila tulang kekurangan kalsium, disebut sebagai osteoporosis, maka akan terjadi tulang mudah retak atau patah. Dalam kondisi yang serius, bahkan tulang bisa retak walau dalam kondisi aktivitas badan yang normal.
Kekurangan asupan kalsium, atau daya resap asupan kalsium yang kurang, plus kekurangan dalam penyinaran matahari, menjadi penyebab dari kurangnya kandungan kalsium dalam tulang. Tulang menjadi rapuh, yang tampak pada kondisi tulang rusuk atau tulang kaki yang tidak berkembang sempurna, dengan gejala-gejalanya seperti: sakit pinggang, tulang rusuk yang rapuh, dan kaki yang berbentuk “O” atau “X”.
Walau pengaruh utama dari defisiensi kalsium adalah di tulang, karena memang 99% dari kalsium di tubuh manusia (sekitar 1.200 g) tersimpan di tulang, namun defisiensi kalsium pada seorang muda bisa berpengaruh besar pula pada energi fisik dan kesehatan psikologis mereka. Hal ini terjadi karena ternyata 1% sisanya terdapat di serum, limpa, darah dan cairan tubuh lainnya.

3. Kerja Otot dan Jaringan Syaraf

Walau hanya 1%, namun perannya sungguh tidaklah kecil. Dalam bentuk ion, kalsium sisa di luar tulang ini, sangat berperan pada stimulasi/sistem rangsang di jaringan otot. Seperti seorang prajurit, kapan otot perlu berkontraksi dan meregang, ditentukan oleh perintah sang ion kalsium.
Jika ketersediaan kalsium di otot, yang terutama disimpan di jaringan myoplasma, mengalami kekurangan, maka gangguan yang terjadi bisa merembet ke jaringan otot halus dan otot jantung. Sebagai akibatnya, orang tersebut akan kehilangan kemampuan untuk mengendalikan tubuhnya. Bentuk paling ringan pada gangguan ini biasa disebut dengan “kesemutan”, yang biasa kita alami bila kaki tertekuk dalam waktu lama.
Masih sekitar jaringan otot. Ion kalsium memainkan peran penting pula dalam pelepasan neurotransmitter, yang berfungsi sebagai pembawa perintah dari otak ke otot untuk melakukan suatu gerakan tertentu. Bila tubuh kita kekurangan kalsium, maka perintah dari otak ini akan diblokir, dan akhirnya mekanisme normal dari pengaktifan dan pengendoran otot tidak berjalan. Gejala paling ringan dari kekurangan kalsium yang mengganggu kerja neurotransmitter, adalah otot “kram’.
Dalam kondisi yang lebih parah, fungsi system syaraf akan mengalami gangguan cukup serius. Pada anak-anak, hal ini terlihat melalui simptom sulit tidur / insomnia dan hiperaktif. Pada mereka yang sudah lebih lanjut usianya, simptomnya tampak pada gejala ingatan yang menurun, emosi yang mudah bergejolak, keras kepala, dan pikun.
Pemberian suplemen kalsium pada kondisi di atas, akan banyak membantu berfungsinya kembali sistem syaraf otak secara normal. Bahkan berbagai riset tentang pengaruh kalsium pada sistem syaraf otak ini menunjukkan bahwa penyajian kalsium pada anak-anak dapat membantu pertumbuhan inteligensi.

4. Sistem Imunitas / Kekebalan

Sekali lagi, meski cuma 1% yang di luar tulang, namun peran kalsium sungguh luas, bahkan sampai ke sistem kekebalan juga. Ketika ada kuman, virus, atau zat racun lain menyerang tubuh, sistem kekebalan akan bertindak sebagai tentara yang memerangi makluk asing tersebut. Namun, sebelumnya kalsium-lah yang tampil sebagai alarm pertama terhadap serangan tersebut, dan memberi perintah ke sel kekebalan untuk bertindak, menangkap musuh dan menghancurkannya.
Bilamana seseorang mengalami kekurangan kalsium, sistem kekebalannya pun tak akan berfungsi penuh. Sebagai akibatnya, bisa muncul ragam gangguan kulit seperti kulit gatal kemerahan / “biduran’ , kudis, jerawat, dan sebagainya, termasuk juga rematik. Suplemen kalsium sangat berperan untuk penyembuhan terhadap gangguan-gangguan tersebut. Jadi, terlihat bahwa kalsium penting juga untuk kesehatan kulit dan sekaligus mencegah rematik.

5. Jantung dan Jaringan Pembuluh Darah

Jantung meski hanya sebesar kepalan tangan, tapi merupakan penentu kehidupan. Jantung bekerja dalam bentuk otot-ototnya berkontraksi memompa darah ke seluruh sel di tubuh. Untuk berkontraksi, jantung membutuhkan energi, dan sumber energi tersebut adalah kalsium.
Jika kita melihat ke dalam sel otot jantung, akan kita lihat bahwa kalsium masuk ke dalam sel dan mengaktifkan sejenis protein yang berfungsi memacu gerak otot jantung untuk mengalirkan darah. Kekurangan kalsium akan memperlemah otot jantung untuk berkontraksi dan menjadi penyebab beragam gangguan jantung. Uji coba medis menunjukkan bahwa pemberian ion kalsium secara bertahap memperkuat detak otot jantung.
Arteriosclerosis adalah perubahan arteri / saluran darah yang bersifat patologik, berbentuk penebalan dan pengerasan pembuluh darah yang bukan terjadi karena pembengkakan, sehingga pembuluh darah kehilangan elastisitasnya dan mengurangi arus aliran darah. Arteriosclerosis disebabkan oleh penumpukan lemak yang menyebabkan pembuluh darah makin berserabut hingga menghalangi aliran darah. Bila tubuh kekurangan kalsium, dan kandungan kalsium dalam darah rendah, kelenjar parathyroid mengirim perintah agar kalsium di tulang masuk ke darah. Namun kalsium dari tulang ini tidak sepenuhnya sejalan dengan struktur dan keperluan kalsium di pembuluh darah. Kalsium yang terurai dari tulang ini bisa menimbulkan masalah. Ia mengikat lemak di jaringan pembuluh darah, hingga menyebabkan pembuluh menebal dan mengeras, serta kehilangan elastisitasnya.
Arteriosclerosis inilah penyebab utama dari hipertensi, serta gangguan koroner dan pembuluh darah di otak. Berbagai riset terbaru menunjukkan bahwa penderita arteriosclerosis harus menggunakan suplemen kalsium. Suplemen kalsium tidak hanya bermanfaat untuk mencegah arteriosclerosis dan hipertensi, tapi juga mampu mereduksi kandungan lemak dalam darah. Kalsium Tianshi diolah secara khusus untuk mereka yang harus melakukan diet rendah lemak.

6. Sistem Pencernaan

Ion kalsium memainkan peran penting pula dalam proses rumit pencernaan manusia. Ion kalsium tidak hanya berperan dalam merawat dan mengendalikan aktivitas otot halus di saluran pencernaan, tapi berpartisipasi pula dalam fungsi pengeluaran dan aktivasi enzim-enzim pencernaan. Bagian atas dari usus kecil, kemudian usus dua belas jari, dan ileum, bagian bawah dari usus kecil, merupakan bagian yang menyerap kalsium dalam jumlah besar untuk mempertahankan jumlah seimbang dari kalsium dalam tubuh.
Bila seseorang menderita sakit perut atau diarhe yang berkepanjangan, maka penyerapan kalsium oleh usus akan terhalang, sehingga kandungan kalsium dalam darah juga berkurang. Hal ini menyebabkan kelenjar parathyroid terangsang untuk meningkatkan konsentrasi kalsium di usus, dan bisa mengakibatkan terjadinya kekejangan di otot halus lambung dan usus. Dalam kondisi demikian, penyajian nutrisi kalsium akan mengurangi penurunan konsentrasi kalsium dalam darah dan meredakan gejala diarhe.
Luka atau sariawan usus kronis merupakan gangguan yang terjadi karena asam lambung dan enzim protein lambung yang menyebabkan selaput lendir lambung menggerus dirinya sendiri. Peningkatan asam lambung yang disebabkan oleh diet yang tak sehat, produksi empedu yang berlebihan, atau nervous, adalah penyebab utama dari luka usus ini. Bila tubuh kekurangan kalsium, maka biasanya asam lambung meningkat pula seiring dengan enzim protein lambung, yang akan menimbulkan luka di saluran pencernaan. Jadi, penyajian nutrisi kalsium penting untuk membantu proses penyembuhan luka atau sariawan usus pula.

7. Diabetes

Diabetes merupakan gangguan metabolisme yang umum terjadi. Energi penderita berkurang terus hari ke hari, seperti pohon yang sekarat, karena urine yang terbuang di penderita diabetes mengandung sejumlah besar gula. Lewat urine, sejumlah besar kalsium turut terbuang pula. Defisiensi dalam metabolisme kalsium memperkuat symptom diabetes. Enam puluh persen penderita diabetes adalah penderita osteoporosis pula. Oleh karena itu, kekurangan kalsium merupakan masalah serius pada penderita diabetes.
Untuk mereka, Tianshi mengembangkan suplemen Kalsium khusus, yang mengandung bubuk labu merah, tapi tidak mengandung sukrosa. Bubuk labu merah mengandung zat CTY yang bermanfaat untuk memacu kelenjar pancreas, sebagai penghasil insulin.

8. Khusus untuk Kaum Wanita

Kaum wanita memiliki kekhususan dalam hal kebutuhan kalsium. Sejak bulan ketiga kehamilan, kebutuhan janin akan kalsium bertambah banyak. Pada waktu itu, sang ibu memasok sejumlah besar kalsium dari tubuhnya, dan sementara itu jumlah sirkulasi / peredaran darahnya juga meningkat sehingga kandungan kalsium dalam darahnya berkurang. Kandungan kalsium yang rendah dalam darah inilah yang menjadi penyebab sang ibu menderita hipertensi, kesulitan dalam proses melahirkan, perubahan bentuk tulang pinggul, dan gigi yang mudah rontok. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan pula bayi tidak bertumbuh normal. Jadi, wanita hamil sangat membutuhkan nutrisi kalsium tambahan, khususnya sejak triwulan kedua kehamilannya.
Selain itu, sepanjang masa menyusui, kebutuhan kalsium juga meningkat karena ibu memasok kalsium ke bayinya melalui air susunya (Catatan : ASI merupakan salah satu sumber kalsium utama bagi bayi yang memiliki daya serap sampai 60%, sementara susu bayi hanya mencapai 40%). Pada waktu ini, bila kebutuhan kalsium tak terpenuhi, maka ibu beresiko mengalami penuaan dini, system kekebalan tubuhnya menurun, terjadi ketidak-seimbangan kelenjar hormon, dan kesehatannya akan terganggu.
Wanita yang sudah masuk ke masa menopause mengalami penurunan fungsi ovarium sebagai penghasil hormon estrogen. Ovarium ini memainkan peranan penting pada metabolisme tubuh, khususnya tulang dan system syaraf. Penurunan fungsi ovarium ini akhirnya menyebabkan tulang wanita menjadi rapuh karena kandungan kalsiumnya terbuang lewat urine. Kondisi ini diperparah oleh kemampuan system pencernaan wanita menopausal dalam menyerap kalsium. Oleh karena itu, wanita yang sudah masuk periode menopause tak dapat ditawar lagi membutuhkan suplemen kalsium sepanjang sisa hidupnya.

9. Sifat Asam / Basa dalam Cairan Tubuh

Acidosis merupakan suatu kondisi cairan tubuh yang terlalu asam. Para ilmuwan telah menemukan bahwa cairan tubuh manusia sehat bersifat basa / pH tinggi. Jadi, bila cairan tubuh seseorang memiliki pH yang rendah / bersifat asam, maka itu merupakan pertanda bahwa orang tersebut sedang menderita sakit, yang sekaligus menjadi indikator utama bahwa orang tersebut mengalami kekurangan kalsium.

Dari paparan di atas, terlihat bahwa kekurangan kalsium beresiko menimbulkan beragam penyakit. Kekurangan kalsium merupakan kondisi tersembunyi / tidak langsung terlihat dalam jangka panjang. Itulah sebabnya kondisi kekurangan kalsium biasanya tidak langsung terasa oleh penderita, terutama bagi mereka yang masih berusia muda. Namun pada orang tua, wanita dan anak, kondisi kekurangan kalsium ini bisa langsung terlihat / terasa.

Sekarang kita bahas dua pertanyaan yang banyak dikemukakan. Pertama, apakah kita bisa mencukupi kebutuhan tubuh akan kalsium dari asupan makan / diet berimbang? Walaupun jumlah elemen kalsium di bumi itu besar, tapi kandungan kalsium dalam diet manusia tidaklah besar. Jadi, ungkapan bahwa kekurangan kalsium dapat dihindari lewat makan yang cukup adalah kesalahan besar. Banyak faktor yang mempengaruhi penyerapan kalsium dalam tubuh, seperti proporsi kalsium terhadap fosfor (yang direkomendasi adalah 2 : 1), suhu ketika makanan dimasak (kalsium rusak pada suhu tinggi / di atas 800), pola makan, gaya hidup, situasi kesehatan dan normalitas mekanisme pencernaan. Jadi kita harus memahami kompleksitas dan keterbatasan penyerapan kalsium oleh tubuh, dan menaruh perhatian lebih besar terhadap perlunya tambahan nutrisi kalsium.

Pertanyaan kedua, berapa banyak kebutuhan normal tubuh manusia akan kalsium ? Para ahli kesehatan, mencatat bahwa kebutuhan kalsium pada :

  • Bayi s.d usia 6 bulan : 400 mg / hari
  • Bayi usia 6 bulan s.d 3 tahun : 600 mg / hari
  • Usia 3 s.d 10 tahun : 800 mg / hari
  • Usia 10 s.d 13 tahun : 1.000 mg / hari
  • Usia 13 s.d 16 tahun : 1.200 mg / hari
  • Pekerja keras, Ibu hamil dan menyusui, Manula dan Wanita Menopause : 1.200 – 1.500 mg / hari

Untuk mencukupi kebutuhan sebesar itu hanya dari asupan makanan tanpa suplemen, maka seorang dewasa harus mencukupi kebutuhannya akan kalsium dari :

  • 2 gallon susu, atau
  • 11,5 kg bayam plus 8,5 kg brokoli, atau
  • 11,5 kg kubis

Dari data di atas, kita makin sadar akan pentingnya tambahan nutrisi kalsium. Namun, kita juga harus memperhatikan kualitasnya. Nutrisi tambahan kalsium haruslah :

  1. memiliki kandungan kalsium yang tinggi, yang mudah diserap dan dimanfaatkan oleh tubuh dalam proporsi yang pas
  2. tidak ada efek samping, dan mudah dibawa / ditenteng
  3. mengandung tambahan nutrisi pelengkap lain, seperti multi vitamin dan mineral.

Kebanyakan nutrisi tambahan kalsium diolah dari mineral kalsium kapur (CaCO3), gypsum (CaSO4.2H2O), dan fluorite (CaF2). Sayangnya, daya serap tubuh terhadap kalsium yang bukan dari bahan organik (anorganik) tersebut, sangat rendah, berkisar antara 10% – 50% saja.

Suplemen Kalsium Tianshi adalah produk alami organik, yang mengandung kombinasi tepat antara kalsium dengan fosfor, sehingga memiliki daya serap yang tinggi, sampai dengan 95%. Selain itu, Kalsium Tianshi mengandung juga multivitamin dan mineral seperti zat besi, zinc dan magnesium. Oleh karena itu, Kalsium Tianshi merupakan nutrisi yang bermanfaat sekali untuk keseluruhan system dalam tubuh.

Dengan makin bertambahnya dan berkembangnya ilmu pengetahuan di bidang kesehatan, manusia makin sadar akan pentingnya peranan kalsium dalam kehidupan manusia. Kalsium adalah sumber kehidupan yang akan menolong manusia untuk hidup lebih sehat dan utuh.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: